Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 25 Oktober 2014

SITUS WEB CAMEROM.NET SEBAGAI PEMASARAN JASA FOTOGRAFI

SITUS WEB CAMEROM.NET SEBAGAI PEMASARAN JASA FOTOGRAFI


Disusun Oleh :
1.               Ariska Rachmat Putri
2.               M. Valdi Hardianto
3.               Oetarie Amanda
4.               Wahyu Gani

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma



ABSTRAK
Perkembangan dunia usaha saat ini sangat cepat sehingga dibutuhkan cara pemasaran yang baru agar dapat bersaing dengan kompetitor-kompetitor lain. Perkembangan ini juga diiringi dengan majunya perkembangan teknologi yang mendukungnya. Salah satu cara pemasaran yang paling berpengaruh adalah dengan menggunakan situs web (website). Situs web bukanlah hal baru bagi kita, hampir semua orang pernah membuka sebuah situs web. Situs web juga sering digunakan sebagai media pemasaran bagi sebuah badan usaha. Dalam penulisan kali ini, penulis mencoba membuat sebuah Situs Web Camerom.net Sebagai Pemasaran Jasa Fotografi, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.
            Situs Web Camerom.net Sebagai Pemasaran Jasa Fotografi yang penulis buat dapat digunakan sebagai media promosi, komunikasi, dan informasi bagi para peminat jasa fotografi. Situs ini dibuat dengan tujuan mempermudah pencarian jasa fotografi dengan menggunakan sebuah situs yang nyaman dan mudah digunakan. Situs ini dapat diakses dimana saja, dan hanya memerlukan koneksi internet dalam penggunaannya. Semoga situs ini nantinya akan berguna sesuai dengan tujuan pembuatannya.


LATAR BELAKANG MASALAH
Internet adalah suatu jaringan global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer local dan regional. Dimana komunikasi data antar komputer dapat terhubung melalui jaringan global tersebut. Pada penggunaannya, internet mempunyai media informasi yang disebut situs web (website). Situs web sering digunakan oleh berbagai pengguna internet sebagai sarana untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan juga promosi.
Fotografi adalah seni atau metode untuk menghasilkan gambar dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Pelaku atau peminat fotografi biasa disebut fotografer. Fotografer dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu, fotografer hobi dan fotografer profesional. Fotografer hobi adalah jenis fotografer yang menjadikan fotografi hanya sebagai hobi mereka, sementara fotografer profesional adalah mereka yang memang berpenghasilan dari bidang fotografi.
Dengan berkembangnya usaha fotografi, khususnya di Indonesia. Para fotografer profesional membutuhkan media promosi khusus untuk jasa fotografi yang mereka sediakan. Dan untuk membantu pemasaran jasa fotografi yang ada sekarang. Maka pada penulisan ini, penulis mengambil judul “Situs Web Camerom.net Sebagai Pemasaran Jasa Fotografi”, sebagai sarana promosi bagi para fotografer profesional untuk mempromosikan usaha fotografi mereka.

BATASAN MASALAH
Penulis dalam hal ini hanya membatasi masalah mengenai pembuatan Situs Web Camerom.net sebagai pemasaran jasa fotografi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai aplikasi database. Aplikasi ini memberikan penyajian informasi pada pengguna secara visual website tanpa transaksi.

TUJUAN PENULISAN
Penulisan ini bertujuan untuk membuat web camerom.net yang dapat memudahkan penyampaian promosi para pengguna yang mempunyai bisnis fotografi kepada masyarakat luas melalui artikel.

TINJAUAN PUSTAKA


2.1       Fotografi
            Fotografi berasal dari kata foto dan grafi yang masing-masing kata tersebut mempunyai arti sebagai berikut: foto artinya cahaya dan grafi artinya menulis jadi arti fotografi secara keseluruhan adalah menulis dengan bantuan cahaya, atau lebih dikenal dengan menggambar dengan bantuan cahaya atau merekam gambar melalui media kamera dengan bantuan cahaya.
Fotografi juga merupakan gambar, fotopun merupakan alat visual efektif yang dapat menvisualkan sesuatu lebih kongkrit dan akurat, dapat mengatasi ruang dan waktu. Sesuatu yang terjadi di tempat lain dapat dilihat oleh orang jauh melalui foto setelah kejadian itu berlalu.
Pada dasarnya tujuan dan hakekat fotografi adalah komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi antara fotografer dengan penikmatnya, yaitu fotografer sebagai pengatar atau perekam peristiwa untuk disajikan kehadapan khalayak ramai melalui media foto.

2.2       Internet
Internet adalah sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia. Sumber daya informasi tersebut sangat luas dan sangat besar sehinggal tidak ada satu orang, satu organisasi, atau satu negara yang dapat menanganinya sendiri. Kenyataannya, tidak ada satu orang yang mampu memahami seluruh seluk-beluk Internet.
Gambar  2.1 Penyebaran Internet
Asal-usul Internet berasal dari jaringan komputer yang dibentuk pada tahun 1970-an. Jaringan komputer tersebut disebut dengan ARPANET, yaitu jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat. Selanjutnya, jaringan komputer tersebut diperbarui dan dikembangkan, dan sekarang penerusnya, menjadi tulang punggung global untuk sumber daya informasi yang disebut Internet.
Namun demikian, membayangkan Internet sebagai sekedar jaringan komputer adalah tidak tepat. Jaringan komputer hanyalah medium yang membawa informasi. Dayaguna Internet terletak pada informasi itu sendiri, bukan pada jaringan komputer.

2.2.1    Sejarah Internet
            Internet awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan Amerika Serika (US Departemen Of Defense) pada sekitar tahun 60’an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network.
            Beberapa Universitas di Amerika Serikat, diantaranya UCLA, Standford, UC Santa Barbara dan University of Utah, diminta bantuan dalam mengerjakan proyek ini dan awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi Universitas yang berbeda.
            Perkembangan ARPANET ini cukup pesat jika dilihat perkembangan komputer pada saat itu. Sebagai gambarannya pada tahun 1977, ARPANET telah menghubungkan lebih dari 100 mainframe komputer dan pada saat ini terdapat sekitar 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini.
            Jumlah sebenernya dari komputer yang terhubung tidak dapat diketahui dengan pasti, karena perkembangan jumlah komputer yang terhubung dengan suatu jaringan semakin lama semakin besar.
            Karena perkembangan sangat pesat, jaringan komputer ini tidak dapat lagi dosebut sebagai ARPANET karena semakin banyak komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung. Konsep ini yang kemudian berkembang dan dikenal sebagai konsep Internetworking. Oleh karena itu, istilah internet menjadi semakin populer, dan banyak orang menyebut jaringan besar komputer tersebut dengan istilah internet.

2.3       WWW (World Wide Web)
World Wide Web sering disebut sebagai Web, WWW, atau W3, adalah fasilitas yang menyediakan interface yang sederhana ke sumber daya Internet yang sangat  besar. WWW juga adalah sistem yang berbasis pada Hypertext dan tidak hanya memuat tulisan, melainkan dapat berisik grafik dan elemen dialog. Selain itu, melalui link ke file lain juga dapat ditampilkan animasi dan sounds. Karena itu, WWW lebih tepat bila disebut sistem Hypermedia daripada sistem Hypertext. Format umum penulisan alamat dalam WWW adalah : http://alamat lengkap web server/direktori/subdirektori/nama file.html

2.3.1    Penggunaan Web
Sama seperti fasilitas-fasilitas lain, Web menggunakan sistem client/server. Pengguna menggunakan client web, yaitu browser, untuk menghubungkan pengguna dengan web, dimana browser berfungsi untuk membaca dokumen dan mengikuti hubungan, misalnya mengakses sumber daya Internet atau menghubungi server web yang menyediakan dokumen-dokumen hiperteks publik. Ada banyak server web di seluruh Internet dan sebagian dari web tersebut menspesialisasi diri dalam topik-topik tertentu.
Secara umum, pengguna dapat menemukan dua tipe dokumen, yaitu teks (dapat pengguna baca) dan indeks (dapat pengguna cari). Jika browser menemukan sebuah hubungan yang menunjuk ke dokumen teks, dia mengambil dokumen tersebut dan menampilkannya untuk pengguna. Jika browser menemukan sebuah hubungan yang menunjukan indeks, dia menampilkan deskripsi singkat dan meminta pengguna memasukan keyword. Selanjutnya, browser mencari indeks tersebut dan mengembalikan data uang paling cocok dengan keyword yang pengguna spesifikasi.

2.4       HTML
HTML (HyperText Markup Languange) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
Penulisan HTML, diharuskan dengan bagian penting yaitu harus ada penulisan seperti <HTML>,<HEAD>,<TITLE>,<BODY>, dan diakhiri dengan ,</HEAD>,</TITLE>,</BODY>,</HTML>. Tanda HTML dibuat dengan simbol lebih kecil(<) diikuti dengan kata  dan ditutup dengan simbol lebih besar (>), contohnya seperti <head>. Tanda tersebut satu untuk menandai awal blok yang ditentukan dan yang satu lagi untuk menandai akhir dari blok. Untuk menandai blok awal dan blok akhir, pada tanda akhir disisipkan simbol garis miring(/).
            Struktur HTML terlihat seperti berikut ini :
            <HTML>
                        <head>
                        *bagian Head*
                        </HEAD>
                        <BODY>
                        *bagian BODY*
                        </BODY>
            </HTML>
2.5       PHP
PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat sebuah website dapat lebih berdaya guna. PHP tergolong sebagai perangkat lunak open source yang diatur dalam aturan general purpose licences (GPL).
Pemrograman PHP sangat cocok dikembangkan dalam lingkungan web, karena PHP bisa dilekatkan pada script HTML atau sebaliknya. PHP dikhususkan untuk pengembangan web dinamis. Maksudnya, PHP mampu menghasilkan website yang secara terus-menerus hasilnya bisa berubah-ubah sesuai dengan pola yang diberikan. Hal tersebut bergantung pada permintaan client browser-nya (bisa menggunakan browser Opera, Internet Explorer, Mozilla, dan lain-lain). Pada umumnya, pembuatan web dinamis berhubungan erat dengan database sebagai sumber data yang akan ditampilkan.
PHP tergolong juga sebagai bahasa pemrograman yang berbasis server (server side scripting). Ini berarti bahwa semua script PHP diletakan di server dan diterjemahkan oleh web server terlebih dahulu, kemudian hasil terjemahannya itu dikirim ke browser client. Tentu hal tersebut berbeda dengan JavaScript. Kode program JavaScript harus di-download terlebih dahulu di komputer client, selanjutnya diterjemahkan oleh browser internet. Oleh karena itu, kode program JavaScript selalu tampak di halaman web bersangkutan, jika dilakukan penyimpanan terhadap file web.
Secara teknologi, bahasa pemrograman PHP memiliki kesamaan dengan bahasa ASP (Active Server Page), ColdFusion, JSP (Java Server Page), dan Perl.

2.5.1    Sintaks PHP
Ketika PHP menerima suatu file, PHP akan mencari tags pembuka (“<?php”) dan tag penutup (“?>”). Hal ini juga berarti sebagai pemberitahuan agar PHP mulai menerjemahkan baris-baris kode PHP tersebut serta mengakhiri penerjemahannya sampai bertemu dengan tag penutup. Baris-baris kode diluar pasangan penanda “<?php…?>” akan diabaikan (tidak diterjemahkan) oleh PHP. Sebagian besar baris-baris perintah PHP disisipkan dalam tags-tags HTML atau berlaku sebaliknya. Contoh sederhana adalah sebagai berikut.(Gambar 2.2)
Gambar 2.2 Sintaks PHP
Ada empat jenis pasangan tag pembuka dan penutup berbeda yang bisa digunakan oleh PHP, antara lain
-                      <?php…?> dan <script language=”php”>…</script>. Kedua bentuk tag tersebut telah tersedia dalam PHP dan bisa langsung digunakan.
-                      Short tags (<?...?>) dan ASP style tags. Kedua bentuk tag tersebut dapat diaktifkan atau dimatikan pengunaannya, bergantung pada pengaturan PHP di file php.ini.
Dua jenis tags terakhir tidak disarankan pengunaannya karena beberapa server tidak mengenalinya.

2.5.2    Tipe Data PHP
PHP tidak memerlukan pendeklarasian tipe data suatu variabel secara eksplisit, tetapi lebih ditentukan oleh runtime program PHP, tergantung pada konteks bagaimana variabel tersebut digunakan.
Untuk mengetahui jenis tipe data suatu variabel saat dilakukan penelusuran (debugging) program, gunakan fungsi “gettype()”. Untuk memeriksa kebenaran suatu tipe data apakah sesuai dengan yang dimaksud atau tidak, gunakan fungsi “is_type”.
PHP mendukung delapan jenis tipe data, antara lain
-                      Tipe Boolean, adalah jenis tipe data yang paling sederhana. Banyak digunakan untuk mencari nilai kebenaran. Boolean bisa bernilai TRUE atau FALSE dan keduanya bersifat case-insensitive.
-                      Tipe Integer, adalah sederet angka yang dituliskan sebagai set “Z = {…, -1, 0, 1, …}”. Penulisan bilangan integer bisa dalam notasi desimal (10-based), hexadecimal (16-based), atau octal (8-based), termasuk penanda (- atau +).
-                      Tipe Floating Point, adalah bilangan pecahan dengan presisi tinggi. Termasuk dalam floating point, antara lain float, double, dan real. Besar ukuran tipe data float bergantung pada platform yang digunakan. Secara umum adalah ~1.8e308 dengan tingkat presisi 14 digit desimal. Hal ini mengacu pada standar format 64-bit IEEE.
-                      Tipe String, adalah serangkaian karakter. Besarnya karakter sama dengan byte. Dalam penulisan string ada tiga cara, yaitu : single quoted, double quoted, dan sintaks heredoc.
-                      Tipe Array, adalah sekumpulan data yang disimpan dalam suatu variabel dengan nama yang sama. Untuk membedakan antara satu dan data yang lain, digunakan index atau keys. Setiap data dalam array disebut dengan element.
-                      Tipe Null, adalah perwakilan suatu variabel yang tidak memilliki nilai apapun. Tipe Null dikenali PHP sejak versi 4 keatas.

2.5.3    Variabel PHP
            Variabel mutlak diperlukan dalam pemrograman PHP karena berfungsi sebagai tempat untuk menampung suatu nilai data, baik berupa masukan (input) maupun keluaran (output).
Untuk membuat suatu variabel, tidak diperlukan deklarasi awal seperti pemrograman berbasis compiler (seperti Delphi, atau Visual Basic), tetapi cukup dengan memberikan karakter dollar ($) dan disambung dengan nama variabel (misalnya, $nama_variabel). Nama variabel bersifat case-sensitive.
PHP menyediakan banyak sekali  penanganan seputar variabel, baik saat mengirim maupun mengambil nilai variabel, kita sebut saja sebagai predefined variable. Karena predefined variable yang disediakan cukup banyak, tentu saja tidak bisa didokumentasikan secara lengkap disini.
PHP juga memiliki sekumpulan predefined variable tambahan yang berasal dari web server, environment, atau input pengguna (berasal dari form). Kumpulan predefined tersebut memiliki sifat khusus sesuai dengan peruntukannya yang juga bersifat global karena secara otomatis memiliki jangkauan/scope yang luas. Hal ini sering disebut juga dengan superglobal.
Superglobal predefined variable, antara lain
-                      $GLOBALS, merupakan rujukan bagi variabel yang memiliki lingkup global di semua script.
-                      $_SERVERS, merupakan sekumpulan variabel yang dihasilkan oleh web server. Oleh sebab itu, semua variabel yang berhubungan dengan penanganan server.
-                      $_GET, merupakan variabel yang dihasilkan oleh query string URL atau melalui HTTP GET. $_GET sangat berhubungan dengan penerimaan data dari halaman website di luar PHP, terutama variabel yang berasal dari FORM HTML yang menggunakan method GET.
-                      $_POST, merupakan variabel yang dihasilkan melalui HTTP POST. $_POST sangat berhubungan dengan penerimaan daya yang berasal dari FORM HTML yang menggunakan method POST.
-                      $_COOKIE, merupakan variabel yang dihasilkan HTTP COOKIE. Cookie bisa dianggap sebagai variabel tampungan berisi data yang ditempatkan pada komputer client. $_COOKIE bisa digunakan dengan syarat layanan cookie pada browser client diaktifkan.
-                      $_FILES, merupakan variabel yang dihasilkan melalui HTTP POST UPLOAD FILE, $_FILES berguna untuk meng-upload file dari komputer client menuju komputer server dengan menggunakan FORM HTML.
-                      $_ENV, merupakan variabel yang dihasilkan melalui environment.
-                      $_REQUEST, merupakan variabel yang dihasilkan melalui mekanisme input GET, POST, dan COOKIE (bisa menerima variabel dari form dengan method POST atau GET). Akan tetapi, kebenaran hasil yang diperoleh dengan cara ini kurang terpercaya, sehingga tidak disarankan penggunaannya.
-                      $_SESSION, merupakan variabel yang telah di-register-kan (disimpan dalam file sementara). $_SESSION memiliki fungsi yang hampir sama dengan $_COOKIE. Perbedaannya hanya pada masalah penempatan variabel tampungannya. Session meletakan variabel tampungan di server, sedangkan cookie menempatkan variabel tampungannya di client. Cara ini jauh lebih aman daripada menggunkan cookie.

2.5.4    Operator PHP
Operator adalah simbol yang digunakan untuk memanipulasi data, seperti penambah dan pengurangan. Ada operator yang menggunakan suatu operand. Sedangkan operand adalah data yang dioperasikan atau dimanipulasi. Disini operand dapat digantikan dengan variabel. Ada tiga jenis operator utama yang dikenal dalam PHP, antara lain:
-                      Operator Unary, merupakan operator yang mengoperasikan hanya satu nilai variabel, contohnya operator lawan/negasi (“!”), operator penampahan (increment, “++”), dan operator pengurangan (descrement, “—“).
-                      Operator Binary, merupakan beberapa operator yang mempertimbangkan urutan penyelesaian. Kelompok ini paling sering digunakan dalam PHP.
-                      Operator Tenary, merupakan operator yang membandingkan dua pernyataan dimana keberadaan ditentukan oleh ekspresi ketiga.
Operator memiliki beberapa urutan (hierarki) eksekusi, mana operator yang harus didahulukan dan mana operator yang akan dieksekusi selanjutnya. Urutan operator perlu diperhatikan jika ada ekspresi yang menggunakan lebih dari satu operator. Evaluasi urutan operator bisa dimulai dari kiri atau dari kanan. Istilah ini disebut juga dengan Associativity.(Gambar 2.3)
   http://www.duniailkom.com/wp-content/uploads/2014/01/Tabel-urutan-prioritas-operator-dalam-PHP.png
Gambar 2.3 Operator PHP
Associative kiri berarti ekspresi dievaluasi dari kiri ke kanan dan sebaliknya, assosiative kanan berarti ekspresi dievaluasi dari kanan ke kiri.

2.5.4.1 Operator Aritmatika PHP
Operator aritmatika yang umum digunakan dalam pemrograman, antara lain:
Tabel 2.1 Operator Aritmatika
Operator
Operasi
+
Penambahan
-
Pengurangan
*
Perkalian
/
Pembagian
%
Sisa pembagian
++
Penambahan dengan 1
--
Pengurangan dengan 1

Aturan penulisan aritmatika adalah “variabel = ekspresi aritmatika”. Hal ini berarti bahwa variabel akan bernilai sesuai dengan hasil yang diberikan dari ekspresi aritmatika yang dilakukan. Di sisi sebelah kiri, hanya boleh ada satu variabel tunggal dan tidak boleh ada yang lain, sedangkan sebelah kanan bisa berupa ekspresi/rumus aritmatika, konstanta, atau variabel.

2.5.4.2 Operator Logika PHP
Beberapa nilai ekspresi hasil dari operator perbandingan bisa dihubungkan dengan beberapa ekspresi yang lain agar diperoleh perbandingan dan nilai logika baru. Untuk menghubungkannya, diperlukan operator logika.
http://www.duniailkom.com/wp-content/uploads/2014/02/Tabel-Jenis-Operator-Logika-PHP.png
Gambar 2.4 Operator Logika PHP

2.5.4.3 Operator Perbandingan PHP
            Operator perbandingan adalah operator untuk membandingkan dua nilai. Perlu diperhatikan bahwa operator “==” tidaklah sama dengan operator “=”. Operator “==” merupakan operator perbandingan dan akan menghasilkan hasil benar atau salah, sedangkan operator “=” merupakan operator pemberi nilai.
Tabel Jenis Operator Perbandingan PHP
Gambar 2.5 Operator Perbandingan PHP
            Jika membandingkan antara integer dan string, maka string akan dikonversikan ke angka terlebih dahulu. Jika membandingkan dua angka string, maka kedua-duanya akan dikonversikan menjadi integer.
Aturan Operator Perbandingan PHP
Gambar 2.6 Proses perbandingan PHP

2.5.5    Ekspresi PHP
            Ekspresi hampir pasti digunakan di setiap pemrograman karena program disusun diatas ekspresi-ekspresi tersebut. Ekspresi adalah sesuatu yang menghasilkan nilai dan kebanyakan berupa persamaan pemrograman.
            Bentuk dasar ekspresi terdiri atas konstanta dan variabel. Ketika kita menuliskan “$a = 5”, berarti kita memberi nilai kepada variabel $a atau dengan kata lain $a merupakan ekspresi yang bernilai 5. Setelah memberi nilai 5 pada variabel $a, kemudian menuliskan “$a = $b”, maka sama artinya jika kita menuliskan “$b = 5”.
Gambar 2.7 Sintaks Ekspresi PHP

2.5.6    Struktur Kontrol PHP
            Script PHP dibangun oleh serangkaian pernyataan. Pernyataan tersebut bisa berupa pemberi nilai (assignment), pemanggil fungsi, perulangan (loop), pernyataan kondisi, atau apapun termasuk pernyataan kosong. Pernyataan-pernyataan tersebut diatur alur kerjanya dengan struktur control. Agar lebih jelas, berikut ini akan dijelaskan jenis struktur control yang ada dalam PHP.

2.5.6.1 Struktur Kontrol IF
            Pernyataan IF merupakan percabangan bersyarat yang berfungsi untuk melewatkan suatu proses. Jika syarat terpenuhi, akan dilakukan proses berikutnya. Proses bisa berupa satu instruksi atau beberapa instruksi dalam satu kelompok. (Gambar 2.8)
Gambar 2.8 Sintaks IF

2.5.6.2 Struktur Kontrol IF … ELSE
            Struktur if … else memiliki dua alur percabangan sehingga mempunyai alternative. If … else bisa menuju ke proses berikutnya walaupun syarat terpenuhi atau tidak terpenuhi. (Gambar 2.9)
Gambar 2.9 Sintaks IF..ELSE

2.5.6.3 Struktur Kontrol IF … ELSEIF … ELSE
            Pernyataan if … elseif … else merupakan pengembangan dari pernyataan if…else, namum memiliki percabangan lebih dari dua. If … elseif ... else sesuai untuk pemecahan masalah yang membutuhkan banyak percabangan karena banyak alternative yang akan diperoleh.(Gambar 2.10)
Gambar 2.10 Sintaks IF..ELSEIF..ELSE



2.5.6.4 Struktur Kontrol Switch
            Pernyataan switch hampir sama dengan pernyataan if…elseif…else, tetapi dengan pendekatan yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki banyak percabangan. Perbedaannya adalah variabel yang dijadikan syarat harus bernilai pasti dan bukan lagi sebagai ekspresi. (Gambar 2.11)
Gambar 2.11 Sintaks Switch
-                      Setelah switch diawali dengan tanda “{“ dan diakhiri dengan tanda “}”.
-                      Setiap case harus diakhiri dengan break. Fungsi break adalah untuk menghentikan proses pencaraian jika syarat sudah terpenuhi. Jika tidak menggunakan break, meskipun nilai sudah ditemukan sesuai dengan syaratnya, proses akan tetap berjalan sampai pada alternatif terakhir dan nilai yang dihasilkan adalah nilai case paling terakhir walaupun nilai yang sesuai berada di posisi sebelumnya.

2.5.6.5 Struktur Kontrol WHILE
            Perulangan while akan melakukan pengecekan syarat di awal blok perulangan. Selama syarat bernilai benar, perulangan akan terus berlanjut dan sebaliknya, jika syarat bernilai salah, perulangan akan dihentikan.
Gambar 2.12 Sintaks WHILE

2.5.6.6 Struktur Kontrol DO … WHILE
            Perulangan do … while merupakan kebalikan dari perulangan for dan while karena do … while melakukan pengecekan terhadap syarat di akhir blok perulangan. Jadi, do … while paling sedikit akan melakukan satu kali proses pengulangan.    (Gambar 2.13)
Gambar 2.13 Sintaks DO..WHILE

2.5.6.7 Struktur Kontrol FOR
            Struktur control for lebih cocok untuk perulangan dengan jumlah pencacah yang pasti atau sudah diketahui. (Gambar 2.14)
Gambar 2.14 Sintaks FOR

Penjelasan Struktur for:
-                      Inisialisasi, merupakan nilai awal saat perulangan for dilakukan.
-                      Syarat, untuk mengevaluasi setiap kali perulangan dilakukan. Berhenti tidaknya suatu perulangan ditentukan oleh syarat tersebut.
-                      Pencacah, untuk mengatur perubahan nilai variabel pencacah yang nilainya bisa diatur menaik atau menurun sesuai dengan kebutuhan.
-                      Inisialisasi, syarat, dan pencacah dalam perulangan for disebut dengan argument. Argumen tidak harus diisi lengkap. Meskipun argumen tidak harus lengkap, tanda titik koma (;) harus tetap dicantumkan di setiap argumen kosong.

2.6       Basis Data
            Basis data terdiri dari dua kata yaitu, basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai tempat berkumpul, markas, atau sarang, sedangkan data suatu fakta dari dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti kaset atau kendaraan.
            Basis data dan lemari kaset memiliki perinsip kerja dan tujuan yang sama, yaitu pengaturan, kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan suatu objek.
            Basis data menggunakan media penyimpanan elektronis, sedangkan kaset menggunakan lemari untuk media penyimpanannya. Perbedaan media ini akan mengakibatkan perbedaan-perbedaan lainnya seperti jenis metode/cara yang digunakan dalam upaya penyimpanan atau jumlah yang akan disimpan. Sebuah basis data dapat dipandang sebagai suatu jenis filling cabinet elektronik yang disebut juga sebuah tempat penyimpanan untuk files data yang terkomputerisasi.
            Pemanfaatan bentuk dari basis data hanya pada pengkoleksian kaset tetapi dapat digunakan di berbagai aktivitas penggunanya, di mana pemanfaatnan ini untuk memenuhi objektivitas berikut :
-                      Kecepatan dan kemudahan, basis data memungkinkan untuk mudah melakukan penyimpanan, perubahan data, dan pengambilan suatu data dibandingkan jika dilakukan secara manual.
-                      Efisiensi ruang penyimpanan, basis data mengoptimalisasikan penggunaan ruang penyimpanan dapat dilakukan dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau membuat keterhubungan antar kelompok data yang saling berhubungan.
-                      Keakuratan, pemanfaatan pengkodean atau pembentukan keterhubungan antar kelompok data dengan menerapkan  aturan atau batasan data.
-                      Ketersediaan, perkembangan data sejalan dengan waktu membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, sehingga data administrator harus memilah yang mana yang merupakan data utama, data master, data referensi, data transaksi, data histori hingga data yang tidak digunakan lagi.
-                      Keamanan, aplikasi pengelolaan basis data ada yang tidak menerapkan aspek keamanan dalam penggunaan basis data tetapi untuk sistem yang besar dan serius dapat diterapkan dengan ketat. Untuk itu perlu ditentukan siapa yang boleh menggunakan aplikasi beserta objek-objek di dalamnya dan jenis operasi yang digunakan.
-                      Pemakaian bersama, pemakaian aplikasi basis data tidak hanya terbatas pada satu pengguna saja di dalam suatu lokasi. Basis data yang dikelola oleh suatu aplikasi  yang mendukung lingkungan banyak pengguna akan digunakan oleh beberapa pengguna baik di dalam suatu lokasi ataupun di lokasi berbeda.

2.7       MySQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau yang dikenal dengan DBMS (Database Management System), database ini multithread, multi-user. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus yang bersifat khusus.
            MySQL tidak ditopang oleh sebuah komunitas, seperti Apache, yang dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh pemilik masing-masing, tetapi MySQL didukung penuh oleh sebuah perusahaan profesional dan komersial, yakni MySQL AB dari Swedia.
            MySQL adalah Relational Database Management Sytem (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, naumun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source atau komersial. MySQL sebenernya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam databse sejak lama, yaitu pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.
            Sebagai database server, MySql dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya, terutama dalam kecepatan.
Berikut ini beberapa keistimewaan MySQL, antara lain :
1.      Portability
MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
2.      Multiuser
MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
3.      Security
MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses pengguna dengan sistem perizinan yang mendetail serta password terinskripsi.
4.      Scalabillity dan Limits
MySQL mampu menangani database dalam skala besar, dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai indeks pada tiap tabelnya.

2.8       PHPMyAdmin
            PHPMyAdmin merupakan salah satu kakas pengolah database MySQL yang berbasis web. PHPMyAdmin memberikan kemudahan dalam pengoprasiannya. Hampir semua web hosting menyediakan PHPMyAdmin untuk para penyewa virtual host. (Gambar 2.15)
           
Gambar 2.15 Tampilan PHPMyAdmin

2.9       Struktur Navigasi
      Struktur Navigasi dapat dikatakan sebagai penggambar dari hubungan atau rantai kerja dari seluruh element yang akan digunakan dalam aplikasi. Dalam penggambarannya Struktur Navigasi terbagi kedalam 4 Struktur yang berbeda yaitu Linier, Non Linier, Hirarki dan Campuran (Composit).

2.9.1    Struktur Navigasi Linier
Struktur Navigasi Linier adalah sebuah struktur yang hanya menggunakan satu alur dan tidak bercabang dan sangat cocok untuk presentasi multi media yang tidak terlalu membutuhkan interaktivitas. (Gambar 2.17)
http://wenythepooh.files.wordpress.com/2011/03/linier.jpg
Gambar 2.16 Struktur Navigasi Linier
2.9.2    Struktur Navigasi Non Linier
Struktur Navigasi Non Linier merupakan perkembangan dari Sturktur Navigasi Linier, hanya saja pada Stuktur Navigasi Non Linier diperkenalkan untuk percabangan dan kedudukan semua page sama, sehingga tidak dikenal adanya Master Page (halaman utama satu) atau Slave Page (halaman pendukung). (Gambar 2.18)
http://wenythepooh.files.wordpress.com/2011/03/non-linier.jpg
Gambar 2.17 Struktur Navigasi Non Linier
2.9.3    Struktur Navigasi Hirarki
Struktur Navigasi Hirarki atau bisa disebut dengan Struktur Navigasi Bercabang yaitu merupakan suatu Struktur yang mengandakkan percabangan untuk menampilkan data. Tampilan pada menu utama disebut Master Page (halaman utama satu) dan mempunyai percabangan yang disebut dengan Slave Page (halaman pendukung) jika dipilih akan menjadi halaman kedua dan begitu seterusnya.      (Gambar 2.19)
Gambar 2.18 Struktur Navigasi Hirarki


2.9.4    Struktur Navigasi Campuran
Struktur Navigasi Campuran merupakan gabungan dari Struktur Navigasi sebelumnya dan disebut juga dengan Struktur Navigasi Bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan maka dibuat percabangan, Struktur Navigasi ini paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi multimedia dan lain sebagainya

Gambar 2.19 Struktur Navigasi Campuran

2.10     Flowchart
Flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut.




2.10.1  Jenis-jenis Flowchart
Sterneckert (2003) menyarankan untuk membuat model diagram alir yang berbeda sesuai dengan perspektifpemakai (managers, system analysts and clerks) sehingga dikenal ada 4 jenis diagram alir secara umum:
·         Diagram Alir Dokumen, menunjukkan kontrol dari sebuah system aliran dokumen.
·         Diagram Alir Data, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran data.
·         Diagram Alir Sistem, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran secara fisik.
·         Diagram Alir Program, menunjukkan kontrol dari sebuah program dalam sebuah sistem.

2.10.2 Kaidah Pembuatan Flowchart
Dalam pembuatan flowchart, kita mengenal kaidahnya tersendiri, yaitu diawali dengan START dan diakhiri dengan END. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh flowchart berikut :
Gambar 2.20 Contoh Flowchart




2.11. UML
            Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “Bahasa” yang telah menjadi standar industry untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancng model sebuah sistem.
            Dengan menggunakan UML kita dapat membuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam Bahasa pemrograman apapun. Tetapi karena UML juga menggunakan Class dan Operation dalam konsep dasarnya, maka ia lebih cocok untuk penulisan piranti lunak dalam bahasa-bahasa berorientasi objek sepert C++, Java, C# atau VB.NET. walaupun demikian, UML tetap dapat digunakan untuk modeling aplikasi procedural dalam VB atau C.
            Seperti Bahasa-bahasa lainnya, UML mendefinisikan notasi dan  syntax/semantic. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan barbagai macam diagram piranti lunak. Setiap bentuk memiliki makna tertentu, dan UML syntax mendefinisikan bagaimana bentuk-bentuk tersebut dapat di kombinasikan. Notasi UML terutama diturunkan dari tiga notasi yang telah ada sebelumnya : Grady Booch OOD (Object-Oriented Design), Jim Rumbaugh OMT (Object Modeling Technique), Ivar Jacobson OOSE (Object-Oriented Software Engineering).
            Sejarah UML sendiri cukup panjang. Sampai era tahun 1990 seperti kita ketahui puluha metodologi pemodelan berorientasi objek telah bermunculan di dunia. Diantaranya adalah : metodologi booch, metodologi coad , metodologi OOSE, metodologi OMT, metodologi shlaer-mellor, metodologi wirfs-brock, dsb. Masa itu terkenal dengan masa perang metodologi (method war) dalam pendesainan berorientasi objek. Masing-masing metodologi membawa notasi sendiri-sendiri, yang mengakibatkan timbul masalah baru apabila kita bekerjasama dengan group atau perusahaan lain yang menggunkan metodologi yang berlainan.




2.12     Star UML
StarUML adalah sebuah proyek open source untuk pengembangan secara cepat, fleksibel, extensible, featureful, dan bebas-tersedia. UML / platform MDA berjalan pada platform Win32. Tujuan dari proyek StarUML adalah untuk membangun sebuah alat pemodelan perangkat lunak dan juga platform yang menarik adalah pengganti alat UML komersial seperti Rational Rose, Together dan sebagainya.
Star UML mendukung UML (Unified Modeling Language). Berdasarkan pada UML version 1.4 dan dilengkapi 11 macam diagram yang berbeda, selanjutnya mendukung notasi UML 2.0 dan juga mendukung pendekatan MDA (Model DrivenArchitecture) dengan dukungan konsep UML. StarUML dapat memaksimalkan pruduktivitas dan kualitas dari suatu software project.
UML 2.0 itu sendiri adalah UML standar yang terus berkembang dan dikelola oleh OMG (Object Management Group). Baru-baru ini, UML 2,0 direlease dan StarUML dukungan UML 2.0 yang akan mendukung standar terbaru UML.

2.13     GIMP
Gambar 2.21 Logo GIMP
            GIMP adalah suatu akronim untuk GNU Image Manipulation Program. Program ini merupakan perangkat lunak yang didistribusikan secara gratis, yang dapat digunakan untuk beberapa macam keperluan, misalnya mengolah foto, mengkomposisi gambar (citra) dan membuat gambar. Gimp merupakan salah satu program grafis yang mempunyai beragam kemampuan. Program ini dapat digunakan sebagai suatu program gambar sederhana, program pengolah foto yang sangat baik, suatu sistem yang dapat diproses secara on-line, membuat gambar bersekala besar, konversi format gambar, dan lain-lain.

2.14     Notepad ++
            Notepad++ adalah program aplikasi pengembang yang berguna untuk mengedit teks dan skrip kode pemrograman. Versi terbaru program ini adalah Notepad++ v5.9, yang dirilis pada tanggal 06 April 2012. Software Notepad++ dibuat dan dikembangkan oleh Tim Notepad++. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada peningkatan kemampuan sebuah program text editor, lebih dari sekedar program Notepad bawaan Windows. Notepad++ bisa mengenal tag dan kode dalam berbagai bahasa pemrograman. Fitur pencarian tingkat lanjut dan pengeditan teks yang tersedia juga cukup ampuh, sangat membantu tugas seorang programmer atau developer dalam menyelesaikan skrip kode programnya. Program Notepad++ banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang pemrograman aplikasi desktop dan web. Notepad++ merupakan software gratis (opensource). Notepad++ dapat dijalankan di sistem operasi Win2K, Windows XP, Vista, dan Windows 7. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda cukup memiliki kapasitas kosong harddisk minimal 12 MB.

DAFTAR PUSTAKA

Bertalya., Hurnaningsih., Rachmawati, Irma., Ade, Kemal., Mustikasari, Metty.,
& Karyanti, Yuli., Sistem Basis Data 1, Universitas Gunadarma

Dewobroto, Wiryanto., Komputer Rekayasa Struktur., Lumina Press, 2007.

Satria, Romi., Dharwiyanti, Sri,. Pengantar Unified Modeling Language UML, ilmukomputer.com, 2003.

Sidharta, Lani., Internet Informasi Bebas Hambatan, Elex Media Komputindo, 1996.

Siswoutomo, Wiwit., Panduan Karir di Dunia Teknologi Informasi, Elex Media Komputindo, 2001.

Suprianto, Dodit., Buku Pintar Pemrograman PHP, OASE Media, 2008.

URL:http://www. sourceforge.net/projects/notepad-plus

URL: http://dkv.isi-dps.ac.id/berita/pengertian-fotografi-dan-foto-jurnalistik





1 komentar:

Unknown mengatakan...

wow sgt menarik nih artikel,smngttt tngkatkan lagi yaaaaaaa
Visit Us

Posting Komentar