Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 07 November 2013

Melihat Canggihnya Kamera Ultrapixel HTC One

HTC telah mengambil keputusan besar dengan mempertaruhkan nama besarnya di jagat smartphone lewat seri Android terbarunya bernama HTC One. Tak tanggung-tanggung, ponsel ini membawa segudang teknologi canggih, salah satunya adalah Ultrapixel. Teknologi ultrapixel diklaim mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Tak hanya itu, HTC One juga dibekali teknologi audio yang mumpuni, yakni HTC BoomSound.

Salah satu keunggulan dari HTC One adalah kehadiran kamera Ultrapixel. Berbeda dengan sensor kamera 13 megapiksel milik ponsel lainnya yang menggunakan sebuah sensor tunggal 13,1 megapiksel, HTC One dengan teknologi ultrapixel ini menggunakan empat buah sensor 4,3 megapiksel untuk mengambil sebuah gambar.

HTC mengungkapkan, teknologi ultrapixel ini akan menghasilkan sebuah foto melalui empat lapisan sensor 4,3 megapiksel yang digabung menjadi satu dan akan menghasilkan foto yang lebih tajam dan representasi yang lebih akurat dibanding teknologi konvensional.
Meski secara umum HTC One hanya menggunakan sensor 4 megapiksel, tapi jumlah piksel yang dihasilkan dapat meningkat hingga 313 persen, bahkan lebih banyak dari jumlah piksel yang dihasilkan kamera digital seperti Samsung Galaxy Camera atau Canon S100. Hal ini disebabkan dari cara kerja teknologi ultrapixel yang meningkatkan njumlah data untuk setiap piksel yang membentuk frame atau hasil foto akhir yang luar biasa.

Tak hanya itu, HTC One juga didukung oleh sensor BSI dan ImageChip 2 yang memiliki kemampuan post-processing untuk mengurangi efek ghosting dan noise saat digunakan untuk memotret maupun merekam video HD 1080p. HTC One juga dilengkapi teknologi HTC Zoe yang memungkinkan pengguna untuk merekam video dan mengambil foto secara bersamaan.
Teknologi lain yang juga hadir di HTC One adalah hadirnya BoomSound di sektor audio. Teknologi BoomSound hadir dalam speaker stereo yang menghadap kedepan di smartphone HTC One. BoomSound menghadirkan amplifier khusus untuk menghadirkan suara yang lantang, bahkan HTC mengklaim suara yang dihasilkan BoomSound ini empat kali lebih lantang dibanding suara yang dihasilkan smartphone lain.
Seperti yang dilansir dari Slashgear (19/12/2013), sesuai dengan janji HTC beberapa waktu lalu untuk menghadirkan terobosan di teknologi kamera dan suara melalui teknologi ultrapixel dan BoomSound yang dipadukan dengan Beats Audio.


ANALISIS : Biasanya kita melihat ukurang kamera dari megapixel, salah satu perusahaan terkenal HTC, menemukan teknologi baru, yaitu Ultrapixel. Pada teknologi Ultrapixel, kemampuan kamera bukan dari tingginya resolusi kuantitas skala Mega Pixel (jumlah piksel) melainkan ukuran piksel. HTC menawarkan sensor baru yang bisa meningkatkan prosentase kualitas jumlah piksel untuk menangkap cahaya 300% lebih banyak (2 mikro meter, kamera biasa 1,3 mikro meter).  Artinya, teknologi Ultrapixel di kamera HTC One mampu memperbesar penangkapan jumlah piksel agar bisa merekam lebih banyak cahaya dan data. Foto-foto akan menampilkan nuansa lebih terang (meski kondisi cahaya objek sangat minim) dan warna secara akurat, menurut saya ini adalah teknologi kamera terbaik di smartphone


Tidak ada komentar:

Posting Komentar